Tips Sewa Mobil Travel untuk Liburan Bersama Keluarga

“Kemarin kayaknya dirimu ke Yogya sama keluarga besar ya? Itu naik mobil sendiri atau rental mobil travel beramai-ramai getho sich?” Bertanya saya ke seorang rekan yang kelihatannya barusan pulang dari berlibur. “Oh, yang bulan kemarin, itu saya rental mobil travel,” jawabannya. “Rental mobil travel di manai? Trus, bagaimana sich triknya rental mobil travel getho, ingin mencari yang nyaman nih agar tidak zonk, masalahnya gagasan ingin membawa orangtua ?” Bertanya saya kembali. Rekan saya selanjutnya menerangkan bagaimanakah cara dan panduan untuk rental mobil travel agar bisa kendaraan yang nyaman untuk berlibur satu keluarga.

Ngobrolin mengenai berlibur satu keluarga, saya benar ada gagasan ingin berlibur dengan keluarga kecil saya plus ngajakin orangtua. Gagasannya sich perjalanannya diawali dari Jakarta ke Yogyakarta. Hanya, ticket pesawat kan saat ini cukup ya, apa lagi jika perginya berombongan? Karena itu, ini kali, gagasannya ingin melalui lajur darat saja.

Sewa mobil travel salah satu alternatif untuk traveling bersama keluarga.

Masalahnya, saya enggak memiliki kendaraan beroda 4 yang dapat digunakan untuk lakukan perjalanan itu. Apalagi, saya atau suami buta jalan, hingga sepertinya tidak dapat dech jika harus berkendaraan sendiri ke arah wisata berlibur kami, haha. Karena itu, pada akhirnya saya memutuskan ingin rental mobil travel saja.

Awalannya, saya berpikir rental mobil travel mudah saja getho. Tinggal mengontak persewaan mobil yang sediakan opsi kendaraan yang dikontrakkan buat perjalanan jauh. Rupanya, saya yang baru ini kali ingin nyewa mobil jadi keder sendiri. Kebingungan, nikmatnya rental mobil travel di mana, kebingungan mobil apa yang nyaman, trus seharusnya gunakan driver atau terlepas kunci, trus sediakan bujet berapakah jika pulang pergi, dan lain-lain. Tetapi, sukurlah kebimbangan saya terselesaikan, saat rekan saya itu share kisah hidupnya rental mobil travel. BTW, rekan saya itu narasi jika sewa mobilnya di Traveloka. Owalah, saya baru mengetahui lho, rupanya di Traveloka ada rental mobil travel to… Tidak ketinggal, rekan saya itu ngasi beberapa panduan ke saya untuk masalah sewa-menyewa mobil buat berlibur satu keluarga ini. Menurut dia, jika ingin rental mobil buat traveling tuch seharusnya ini lho:

Sewa di rental yang terpercaya

Yup, penting banget buat putuskan di mana kita dapat sewa mobil untuk lakukan perjalanan. Triknya dapat dengan menanyakan ke rekan atau googling cari tahu di mana persewaan mobil yang paling dipercaya. Umumnya di sejumlah komunitas traveling ada saja sich yang mereferensikan seharusnya rental mobil travel di mana.

Masalahnya ada pula sich, beberapa cerita kurang menyenangkan getho masalah rental mobil. Ada yang rentalnya sukai mendadak ngecas ongkos tambahan yang tidak logis dan lain-lain. Dasarnya janganlah sampai kita ketipu semacam itu. Karena itu, sangat penting cari tahu di mana persewaan mobil travel yang paling dipercaya. Jika memang perlu kita meminta referensi dari kenalan atau rekan yang sempat rental mobil travel awalnya.

Usahakan sewa mobil dari jauh-jauh hari

Ini berkaitan dengan gagasan perjalanan kita kapan. Jika misalkan ingin lakukan perjalanan di saat musim berlibur, karena itu seharusnya sewa mobilnya ya dari jauh hari, tidak boleh mepet-mepet. Minimum dua atau tiga minggu awalnya lha. Cemasnya jika terlampau minim dengan waktu perjalanan kita, nanti kehabisan mobil yang diharapkan atau bahkan juga tidak bisa mobil sama sekalipun.

Tentukan ingin sewa mobil dengan driver atau lepas kunci

Sebenarnya, kalau pilihan saya sudah terang sich, sama sesuai keadaan gagasannya ingin rental mobil travel gunakan driver. Tetapi, rekan saya menerangkan jika rental mobil gunakan driver tuch punyai beberapa kekurangan, misalnya: ongkos sewa tambah mahal, ada ongkos tambahan memikul makan dan pemondokan driver, dan lain-lain. Tetapi, nikmatnya jika gunakan driver tuch kita tidak perlu lelah nyetir dan driver umumnya sudah eksper dengan jalur berlibur kita.

Dan, jika terlepas kunci ada juga keunggulan dan kekurangannya sich. Kekurangannya, diantaranya jika kita tidak tahu jalur perjalanan. Lantas, kita harus mempersiapkan fisik/ stamina karena harus nyetir sendiri. Belum juga, ada resiko jika mobil misalkan nyerempet atau kenapa-kenapa getho, yang menyebabkan munculnya ongkos pembaruan, dan lain-lain yang kemungkinan tidak kita sangka. Hanya, nikmatnya, jika terlepas kunci tuch kita bebas tidak ada tambahan ongkos nanggung driver.

Pilih mobil sesuai kebutuhan

Kalau sama keluarga besar, rekan saya sich mereferensikan mobil tipe elf. Tetapi, jika hanya sedikit orang gunakan mini bis sudah oke kok. Kembali lagi, kembali lagi ke keperluan plus mencari mobil yang nyaman. Apa lagi jika perjalanannya jauh, membawa anak-anak dan orang sepuh juga.

Jika saya sich sepertinya ingin rental mobil yang mini bis saja. Masalahnya hanya membawa kelompok sedikit. Cuma keluarga kecil saya plus tambahan dua kakek nenek. Jika jumlah bagian keluarga yang ingin ikut-ikutan berlibur semakin banyak, anjuran rekan saya sich, seharusnya sekaligus sewa elf. Bagasi buat membawa tas-tas pakaian dan lain-lain lebih legaan jika gunakan mobil tipe elf.

Simak Juga : travel juanda malang

Tanyakan segala hal tentang pembayaran sewa mobil

Hal ini juga sangat penting. Tata langkah pembayaran rental mobil yang ingin kita gunakan untuk traveling sebaiknya clear pada awal. Pertama kita harus tahu tentu berapakah harga rental kendaraan itu. Trus, seharusnya janganlah lupa menanyakan, jika untuk lakukan perjalanan sekitaran kian waktu berapakah harga tentunya. Tanya juga ongkos itu mencakup apa, apa cuma sewa kendaraannya saja atau jika misalkan gunakan driver sudahkah terhitung bensin dan lain-lain. Pokoknya, segalanya mengenai pembayaran rental mobil travel harus clear pada awal. Terhitung jika ada beberapa biaya tambahan getho dech.

Tanyakan kondisi mobil yang akan disewa

Sebelum memakai mobil carteran untuk traveling seharusnya tanya dahulu berkenaan keadaan dan sarana mobil itu. Ini, balik lagi, terkait dengan kenyamanan penumpang (apa lagi jika ada anak kecil dan orang lansia kaaann). Jika misalkan ada kekurangan di mobil itu dan kita tidak sreg, kita dapat minta service rental mobil buat melakukan perbaikan atau jika memang perlu kita dapat meminta tukar mobil lain.

Tanyakan fasilitas yang kita dapat dari sewa mobil

Jangan lupa pula untuk bertanya sarana yang kita bisa dari rental mobil. Misalkan, jika kontraknya gunakan driver, apa harga yang kita bayarkan sudah terhitung bensin, harus nanggung makan dan penginapa driver atau tidak, dan lain-lain. Peroleh keterangan yang detil untuk menghindar salah paham.